Cara Mounting Shared Folder NFS di Windows 10 Pro

NFS atau Network File System merupakan cara untuk melakukan berbagai file melalui jaringan antar sistem operasi seperti Linux dengan Windows. NFS banyak digunakan kebanyakan server storage yang mana kliennya bisa saja merupakan pengguna Linux ataupun Windows. Jadi bukan gim Need For Speed ya 🙂

Pada Windows 10 Pro, kita bisa mengkoneksikan NFS menjadi sebuah drive lokal . Berikut langkah-langkahnya untuk mengaktifkan NFS Client di Windows 10 Pro.

Temukan kotak aplikasi Turn Windows Features on or off pada Setting atau control panel . Buka Control Panel dan ketik Turn Windows Feature on or off pada kolom pencarian. Betul, karena saya malas mencarinya.

Setelah kotak Turn windows features on or off terbuka akan menaampilkan banyak feature yang bisa diinstal. Temukan feature Service for NFS seperti yang dipertontonkan gambar dibawah. Centang pilihan Client NFS dan Administrative Tools. Jika sudah dicentang semua, klik Ok.

Lakukan modifikasi registry, ini cara yang tidak populis untuk pengguna biasa, jadi saya tidak menggunakan. Tekan tombol ikon Window + S dan ketikkan NFS pada kolom pencarian, maka muncul pilihan Service for Network File System (NFS) dan lanjut dieksekusi.

Kotak window administrative Service for NFS ditampilkan seperti gambar dibawah.

Kemuadian pada panel navigator sebelah kiri klik kanan Client for NFS dan diikuti dengan klik Stop Service.

Berikut pada cara sama klik Start Service dan tutup kotak administrative.

Langkah terakhir, buka Windows Explorer untuk melakukan mapping network drive seperti gambar dibawah. Pastikan dilangkah ini kamu sudah tahu nama shared folder NFS.

Proses mounting NFS sedikit lama daripada mapping drive antar Windows shared folder.

Hasil mounting ke shared folder NFS bisa kamu lihat dibawah.

Selamat mencoba dan good luck.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*