Cara Membuat Cuetone DTMF Menggunakan Audacity

Pada dunia telekomunikasi dan kontrol jarak jauh penggunan DTMF paling lazim digunakan. Cuetone DTMF atau DTMF tone dapat dibangkitkan menggunakan cuetone generator atau melalui komputer.

Gambar disamping memperlihatkan cuetone generator buatan Digital Alert System,

Cuetone DTMF adalah sinyal audio tertentu dan ini dapat dibuat oleh software pengolah audio. Audacity merupakan software pengolah audio gratis yang bisa kamu unduh disini. Gratis bukan berarti kaleng-kaleng, Audacity cukup powerful untuk mengolah, edit, pemberian efek audio. Tentunya konversi ke beberapa format audio.

Sebelum masuk pada istilah Cuetone. Apakah DTMF? Sebenarnya sinyal audio yang berisi nada DTMF tertentu. Sedangkan DTMF merupakan singkatan dari Dual Tone Multi Frequencym kalau di-bahasa-kan, nada ganda multi-frekuensi. DTMF merupakan sistem pensinyalan yang lazim digunakan sistem telekomunikasi telepon. Jika kamu hendak menghubungi seseorang melalui telepon, maka kamu akan menekan beberapa tombol nomor telepon tujuan. Setiap tombol nomor yang ditekan akan menghasilkan sinyal tone yang berbeda dengan 2 frekuensi berbeda, frekuensi tinggi dan rendah. Inilah yang disebut DTMF. Bisa dilihat tabel dibawah frekuensi yang dihasilkan masing-masing nomor. Dengan ada perbedaan frekuensi sinyal, maka sistem pensinyalan telekomunikasi dapat mengetahui telepon tujuan dengan benar.

Bagaimana dengan cuetone DTMF atau DTMF tone? Dalam dunia kontrol jarak jauh, juga diperlukan pensinyalan yang dapat digunakan men-trigger suatu perintah. Cuetone menjadi salahsatu metode pensinyalan sederhana dan efektif. Cuetone merupakan nada suara isyarat yang telah disepakati oleh pemberi isyarat dan penerima isyarat. Cuetone bisa merupakan sebuah sinyal audio frekuensi tertentu seperti 1KHz atau lainnya. Namun dalam perjalanan dunia kontrol jarak jauh penggunakan sinyal DTMF sebagai cuetone lazim digunakan. Alasannya, karena lebih mudah ditangani dimana DTMF merupakan pensinyalan sudah baku di dunia telekomnikasi. Hingga saat ini cuetone DTMF masih banyak digunakan seperti pada stasiun televisi atau radio untuk melakukan remote jarak jauh pada stasiun relay.

Cara Membuat Cuetone DTMF atau DTMF tone Menggunakan Audacity

Buka aplikasi Audacity, masuk ke menu Edit > Preferences.., maka window Prefereces dimunculkan.

Pilih setting Import/Export dan pada menu sisi kanan temukan When exporting tracks to an audio file. Pilih Use Advanced Mixing Options dimana secara default terpilih Mix Down to Stereo or Mono.

Klik Ok.

Sekarang, memulai membuat sinyal DTMF. Tentuk berada nomor yang hendak digunakan.

Pilih menu Generate > DTMF tones

Pada kolom DTMF sequence masukkan nomor-nomor tersebut dan tentukan Amplitudo antara 0 sampai 1 untuk mengatur besar level kekerasan audio yang dihasilkan.
Pada kolom Duration, tentukan durasi sinyal. Umumnya tidak lebih dari 1 detik sudah cukup.
Klik Ok. Track audio berisi DTMF tone ditampilkan.

Simpan kedalam file WAV setelah cuetone DTMF sudah sesuai.
Klik menu File > Export > Export as WAV

Window Export Audio dimunculkan dan tentukan Filename-nya, klik Save.
Kemudian window Advanced Mixing Options ditampilkan. Seret slider pada Output Channel untuk menentukan jumlah channel yang digunakan.
Pilih Channel mana saja yang akan diletakkan cuetone tersebut.
Klik Ok.

file audio WAV Cuetone DTMF sudah bisa digunakan. Terima kasih Audacity.