Rangkaian Timer LM741

Membuat rangkaian timer tidak harus menggunakan timer NE555 melulu. Kali ini menggunakan IC op-amp LM741. Harga LM741 tidak lebih mahal dari IC timer NE555, jadi bisa opsi.

Cara kerja rangkaian timer menggunakan LM741
Opamp LM 741 dioperasikan sebagai komparator tegangan yang bekerja pada tegangan DC 9 sampai 12 Volt. Sebuah saklar push-button ditekan membuat kapasitor C1 mengalami charge sebesar tegangan supply. Hal ini menyebabkan tegangan input inverting lebih tinggi dari non-inverting sehingga memicu output berubah menjadi high sebesar tegangan supply yang kemudian diumpan ke transistor Q1 untuk mengalirkan arus ke relay. Pada relay terjadi kontak untuk menggerakan beban yang lebih besar.

Impendansi input opamp menyebabkan kapasitor C1 mengalami discharge secara perlahan, membuat tegangan input inverting terus turun. Ketika tegangan kapasitor C1 menjai lebih rendah dari tegangan input non-inverting sebesar 1/2 tegangan supply, maka output LM741 menjadi low. Dan Q1 memutus arus sehingga relay melepas kontaknya.

Rangkaian timer menggunakan LM741 ada dibawah.

Dioda D1 digunakan untuk menahan kick-back voltage relay agar transistor Q1 tidak mudah jebol. Sedangkan LED berguna untuk mengetahui bahwa relay sedang aktif.

Delay rangkaian timer LM741 dapat diatur dengan mengganti nilai kapasitor C1. Dengan input impedance LM741 sebesar 2MOhm, kita bisa menghitung waktu discharge kapasitor menggunakan rumus :
0.7*T second = R Ohm x C Farad

R = 2MOhm

C = C1