Rangkaian Penghemat Daya Listrik Rumah

Electricity power Saver – Kebutuhan energi listrik di rumah tangga sudah terbilang umum bahkan cenderung tidak bisa dihindari. Beberapa peralatan listrik rumah tangga hampir selalu bekerja bahkan nonstop sepanjang hari seperti kulkas, penyejuk udara ataupun kipas angin. Umumnya peralatan listrik rumah tangga menggunakan komponen induksi lilitan seperti motor dan trafo. UUD, ujung-ujungnya uang, kamu harus membayar biaya listrik yang digunakan. Untuk menghemat biaya pengeluaran bulanan ada baiknya mencoba rangkaian penghemat daya listrik ini.

Sayangnya, penggunaan komponen induksi kelas rumah tangga menyerap daya reaktif untuk pembentukan medan magnet yang menyebabkan faktor daya menjadi rendah dimana menjadi landasan sebagai perhitungan daya aktif, daya listrik yang digunakan sebernarnya. Sedangkan sumber listrik PLN menyalurkan daya semu, P = V*I. Walaupun sebenarnya tidak terjadi pemborosan penggunaan listrik, hal tersebut mengakibatkan terjadi in-efisiensi dalam penghitungan daya (biaya yang harus dibayar pelanggan PLN) karena meteran listrik tidak dapat mengukur daya aktif yang sebenarnya digunakan.

Kapasitor menjadi komponen yang memiliki sifat menghasilkan daya reaktif dapat digunakan untuk memperbaiki faktor daya tersebut. Berarti kapastior dapat mengkompensisi daya aktif mendekati daya semu. Ini yang sering dikatakan bahwa electricity power saver dapat menghemat biaya listrik tetapi bukan menghemat daya. Pelanggan pasti senang karena membayar biaya listrik yang sesuai.

Rangkaian penghemat daya listrik rumah tangga, berlaku untuk penggunaan fasa tunggal.
Komponen yang diperlukan adalah
C1 = 12uF 450V
C2 = 100nF 250V
R1 = 0.5 Ohm 5W
Fuse (dengan kotaknya)
Stekker dan kabel listrik

Berikut rangkaian penghemat daya listrik sederhana.

Rangkai komponen tersebut dalam kotak plastik yang aman.

Tentunya penggunaan nilai kapasitansi yang tidak tepat malah tidak memberikan keuntungan apapun.

Pada produk rumah tangga seperti kulkas, pompa air, kipas angin umumnya sudah disertakan kapasitor. Seiring berjalannya waktu penggunaan, nilai kapasitansi terus menyusut sehingga faktor daya menjadi rendah. Kamu bisa mengganti kapasitor tersebut setelah 5 tahun pemakaian, memang sedikit merepotkan.