Kenali Komponen Ele...
 
Notifications
Clear all

Kenali Komponen Elektronika Pasif


admin
(@admin)
Member Admin
Joined: 5 years ago
Posts: 8
Topic starter  

Passive Components - Kamu penggemar elektronika wajib kenali beberapa komponen pasif elektronik. Tentunya jika kamu masih level junior juga harus mngetahui sifat dasar dari komponen ini termasuk rumus.
Komponen elektronika pasif merupakan komponen dasar suatu rangkaian yang mana komponen ini bekerja tidak mengandalkan energi eksternal untuk menggerakkan namun mampu memengaruhi sifat suatu sinyal atau aliran listrik melewatinya. Sinyal yang dipengaruhi dapat berupa tegangan, arus dan frekeunsi atau merupakan kombinasinya.

Komponen pasif dibedakan menjadi 2 sifat utama

  1. Lossy atau dissipative, tidak memiliki kemampuan menyerap energi dalam waktu tertentu tetapi menahan/mengurangi energi yang mengalir. Contoh resistor
  2. Loseless, mampu menyerap energi/sinyal eksternal walau sesaat sehingga mampu merubah bentuk sinyal. Contoh kapasitor, induktor, trafo, gyrator

Secara umum ada tiga komponen elektronika pasif yang dikenal luas seperti pada penjelasan diatas, yakni

  1. Resistor biasanya diberi inisial R
  2. Kapasitor (Capacitor) berinisial C
  3. Induktor (Inductor) berinisial L

Berikut penjelasannya

Resistor
Sering disebut juga hambatan, Komponen pasif paling sederhana memiliki 2 terminal atau kutub terbuat dari bahan yang dapat menahan aliran (sinyal) listrik seperti arang atau karbon. Komponen ini dapat dipasang dalam posisi apapun. Resistor menganut hukum Ohm dimana terminal resistor dikenakan tegangan maka arus listrik yang mengalir berbanding lurus dengan nilai hambatan R.

Capacitor
Kapasitor, komponen pasif yang juga memiliki 2 terminal memiliki kemampuan menyimpan energi listrik (walau) sesaat. Ada 2 jenis kapasitor untuk pemasangannya yakni dapat dipasang pada posisi apapun, disebut non polar. Dan kapasitor yang harus dipasang sesuai polaritas terminal, misal terminal positif harus terhubung ke tegangan positif dan sebaliknya.
Satuan yang diterapkan adalah Farad namun nilai kapasitor umumnya sangat kecil muali dari nano (nF) sampai micro (uF). Dengan kemampuan menyimpan energi, kapasitor sering digunakan untuk pengaturan frekuensi seperti rangkaian filter audio.

Inductor
Induktor, berbeda dengan kapasitor, komponen pasif ini memiliki kemampuan energi medan magnet dimana medan magnet terbentuk ketika aliran listrik mengaliri lilitan-lilitan induktor. Aplikasi induktor sering dijumpai pada rangkaian frekuensi tinggi. Henry merupakan satuan yang digunakan dengan kisaran nilai micro (mH) sampai mili (mH).

Sumber : pulangsore,com


Quote
Share: