Tutorial pertama Membuat Layout PCB Menggunakan EasyEDA

Membuat layout PCB menggunakan EasyEDA bisa dilakukan tanpa harus menginstal software EasyEDA. cukup menggunakan browser Chrome atau Firefox, karena EasyEDA menggunakan teknologi cloud. Namun syarat mutlaknya adalah kamu harus memiliki koneksi internet yang baik.

Walaupun gratisan, aplikasi ini tidak dibuat sederhana buktinya cukup populer lebih dari sejuta pengguna serius maupun hobbyist di seluruh dunia telah menggunakannya. EasyEDA bekerja sama dengn supplier komponen dan pabrikan PCB sehingga kamu bisa langsung order tanpa repot.

Mari kita mulai tutorial pertama membuat layout PCB dengan menggunakan EasyEDA.

Masuk ke situs easyeda.com dan login, Jika kamu belum melakukan register, silahkan register. Cukup memberikan nama, email serta siapkan password.
Langkah selanjutnya, klik menu EasyEDA Designer. Butuh waktu untuk membuka aplikasi cloud.

Buatlah proyek baru, temukan menu Document –> New –> Project dan klik. Kamu harus mengisi form titel proyek yang mau dibuat dan klik Save.

EasyEDA akan membuatkan kanvas untuk menggambarkan skema. Proyek tutorial pertama adalah membuat layout PCB penguat audio LM317 dan mulailah membuat skema pada kanvas.

Setelah skema rangkaian selesai, simpan pada menu Document –> Save dan klik.

Kemudian persiapan membuat layout PCB, temukan menu Convert –> Convert to PCB dan klik. Aplikasi akan membuatkan kanvas baru untuk layout PCB dan menyediakan kotak area PCB untuk meletakkan komponen.

Komponen masih berada diluar kotak PCB, jadi kamu harus meletakkannya kedalam.

Setelah semua komponen tersusun rapih. Kamu sudah bisa memulai menggambar jalur tembaga. Temukan menu Route –> Auto Router dan klik.

Karena masih terbatas pada tutorial, biarkan setting dalam keadaan default. Kecuali untuk Route Layers, matikan pilihan TopLayer. Tujuannya agar kita membuat single layer PCB saja. berikutnya klik tombol Run.

Layout PCB selesai dibuat otomatis. Kamu juga bisa melihat dalam tampilan 3D. Temukan menu Preview –> 3D view

Jangan lupa menyimpan layout PCB kamu, temukan menu Document –> Save dan klik. Untuk lebih detail kamu bisa simak video tutorialnya dibawah(bersambung)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*