Pakai Free Pascal Lazarus Sebagai Pelepas Rindu Pengguna Delphi

Sekarang sudah jaman online menggunakan bahasa PHP sangat menyenangkan selain mudah diaplikasikan. Maswes rindu menuliskan program dengan Delphi, maklum bahasa Pascal merupakan andalan maswes di waktu kuliah dan era tahun 90-an 🙂 Delphi versi 7 merupakan paling banyak digunakan pencinta Delphi di Indonesia. Yah.. selain powerfull juga versi terakhir ini yang paling mudah dibajak. Selanjutnya, Delphi versi diatasnya semakin sulit untuk di-crack.sejak diambilalih oleh Embrcaredo (sebelumnya Inprise). Embarcaredo sebenarnya pernah merilis Delphi 10.0 versi gratisan, hanya kurang populer karena banyak fitur yang dibatasi.

Sp;ash window Free Pascal Lazarus

Nah sekarang ada Delphi versi gratisan yakni Free Pascal Lazarus, walaupun sebenarnya bukan barang baru, yang dibuat oleh komunitas open source. Penggunaannya bisa dibilang mirip dengan Delphi bahkan 90% source code project Delphi dapat langsung di-compile di Lazarus. Maswes mulai coba pakai Free Pascal Lazarus sebagai pelepas rindu pengguna Delphi. Lazarus yang bisa di download disini sudah mencapai versi 2.0.2 merupakan free pascal versi IDE, dimana jauh sebelunnya telah tesedia freeware Free pascal Compiler.

Yang menarik Lazarus tidak hanya tersedia untuk versi Windows tetapi tersedia juga untuk Linux dan Mac. Ada kabar bahwa Pascal gratisan ini juga mendukung pemrograman untuk sistem operasi Android.

Bagi pengguna Delphi rasanya tidak sulit untuk beradaptasi dengan Lazarus, selain menggunakan bahasa Pascal yang sama juga tampilan IDE-nya memang mirip-mirip.

Dibawah adalah program pertama, buka menu File / New / Sample project. Secara default proyek diberi nama project1. Kemudian ketik beberapa baris sederhana seperti gambar dibawah dan tekan tombol F9 (Run) untuk menjalankannya.

Hasil eksekusi program project1 bisa dilihat dibawah. Ketika project1 disimpan, Lazarus akan membuat beberapa file Project1.lpi, Project.lps dan project1.pas.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*