Cara Mengetahui Daftar Driver Yang Terpasang di Windows 10

Driver merupakan antarmuka perangat keras dengan sistem operasi (dalam ini Windows 10) sehingga aplikasi dapat mengenal dan menggunakan perangkat tersebut. Jadi driver, sebuah aplikasi kecil yang dibuat oleh pemilik perangkat tersebut sedangkan Windows juga memiliki daftar driver bawaan (baca, default) yang bersifat dasar saja yang juga dapat menggerakkan peangkat yang ditargetkan. Beberapa perangkat khusus atau spesifik tidak mungkin disediakan oleh Windows.

Beberapa driver yang selalu terpasang antara lain seperti Audio/Soung, VGA, Monitor, LAN card, RAM, Wifi, Bluetooth dan Printer. Namun jangan kaget jika ternyata Windows telah memasang driver yang tidak kita ketahui atau tanpa sadari telah kita instal. Untuk mengetahui driver apa saja yang telah ter-install atau terpasang didalam komputer maupun laptop sangat mudah

  1. Tekan tombol dengan gambar window dan tuts R bersamaan.
  2. Ketikkan CMD dan tekan tuts enter yang berarti Anda menjalakan aplikasi command prompt.
  3. Ketikkan baris “driverquery” tanpa tanda kutip, kemudian tekan tuts enter.
  4. Tak lama ditampilkan daftar driver yang terpasang di komputer atau laptop Anda.
  5. Untuk mendapatkan variasi daftar driver, Anda bisa menuliskan baris perintah tambahan. Silahkan coba ketikkan “driverquery /?”

Selamat mencoba

Perintah CMD terlihat kurang nyaman bagi kebanyakan penggun Windows. Cara lain mengetahui driver apa saja yang terpasang di Windows 10 bisa menggunakan cara berikut dibawah

Langkah pertama buka Windows Explorer
Arahkan kursor pada “This PC” dan klik kanan, kemudian lanjutkan klik pada menu “Properties”.


Ditampilkan window Properties yang menampilkan konfigurasi dasar system. Temukan tombol “Device Manager” pada sisi kanan dn klik.

Selanjut ditampilkan window “Device Manager” yng menampilkan perangkat yang terpasang

Pilih salahsatu kategori perangkat seperti contoh Disk drives dan klik tombol dropdown (tanda >) dan tentukan perangkat yang dipilih, klik kanan serta klik menu “Properties”.

Window properti perangkat tersebut ditampilkan dalam tampilan tab.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*