Rangkaian Modul Sensor Tegangan 25V Untuk Arduino Uno

Voltage sensor module – Kebanyakan sensor analog mengubah sebuah besaran yang diukur menjadi tegangan analog. Walaupun beberapa sensor mengubah ke bentuk arus, frekuensi, pulsa dan sebagainya. Hal ini dikarenakan pengukuran tegangan termasuk yang paling mudah dillakukan, Contohmya Arduino Uno juga memiliki input analog yang mengukur besar tegangan bukan arus. Sayangnya kemampuan pengukuran tegangan pada input analog-nya hanya terbatas hingga 5Volt. Dengan menggunakan sensor tegangan maka pengukuran bisa mencapai 25 Volt.

Voltage sensor module untuk Arduino dengan kemampuan pengukuran hingga 25Volt banyak tersedia dipasaran. Namun sekarang kita membuat rangkaian modul sensor tegangan 25V hanya mnenggunakan dua buah resistor saja. Pada daarnya kita harus menurunkan tegangan maksimum 25V menjadi 5V dengan sebuah pembagi tegangan, voltage divider, dengan perbandingan nilai resistor 5:1. Dengan resistor 30K dan 7.5K, kita bisa membuat sebuah rangkaian modul sensor tegangan 25Volt.

Jika kesulitan mendapatkan resistor 30K bisa menggunakan 2 buah resistor 15k yang seri.

Disarankan menggunakan resistor toleransi 1%

Rangkaian sensor tegangan 25V sangat sederhana, bisa lihat gambar dibawah

P1 merupakan obyek yang diukur dan P2 dihubungkan dengan input analog A1. Sedangkan dibawah adalah contoh sketch yang dapat di-upload ke Arduino.

/*
DC Voltmeter Using a Voltage Divider
*/

int analogInput = A1;
float vout = 0.0;
float vin = 0.0;
float R1 = 30000.0; //
float R2 = 7500.0; //
int value = 0;

void setup()
{
pinMode(analogInput, INPUT);
Serial.begin(9600);
Serial.print(“DC VOLTMETER”);
}

void loop()
{
// read the value at analog input
value = analogRead(analogInput);
vout = (value * 5.0) / 1024.0;
vin = vout / (R2/(R1+R2));

Serial.print(“INPUT V= “);
Serial.println(vin,2);
delay(500);
}

Perhitungan menggunakan rumus pembagi tegangan dengan pengukuran dilakukan setiap setengah detik sekali. Perhatikan bahwa input tegangan maksimum sebesar 25 Volt, hindari pengukuran tegangan diatasnya.

Kalibrasi

Untuk mendapatkan pengukuran yang lebih akurat, kita dapat mengkalibrasi sensor tegangan dengan mengukur nilai resistor R1 dan R2 dengan AVO meter digital. AVO meter digital umumnya memiliki resolusi pengukuran 12 bit. Kemudian mengubah nilai R1 dan R2 pada skrip skecth.

Iklan
Jual Arduino Uno R3 Board

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*