Program Pertama Kali Menuliskan Sketch Arduino Uno

Arduino Uno | Langkah pertama setelah menginstal Arduino IDE adalah menghubungkan terlebih dahulu board Arduino Uno R3 ke soket USB. Kemudian pastikan LED L dan ON menyala sebelum menjalankan software Arduino IDE. Dalam beberapa kasus LED L menyala namun berkedip / blingking. Hal ini bisa jadi normal kemungkinan penjual telah mengisi program LED blinking untuk menguji board terlebih dahulu.

Setelah software Arduino IDE terbuka, masuk ke mainmenu Tools dan lanjut ke submenu Board kemudian pilih Arduino Uno.

Katakan HELLO WORLD dengan Arduino Uno

Dokumen sketch untuk menulis program langsung tersebut dengan nama dokuemen sketch_dec01a, boleh jadi berbeda ketika kamu membukanya.
Berikut program pertama

void setup()
{
Serial.begin(9600);
}

void loop()
{
Serial.print(“HELLO WORLD”);
Serial.println(” by Arduino Uno”);
Serial.println(“www.pulangsore.com”);
Serial.println();
delay(2000);
}

 

Kemudian simpan terlebih dahulu dimulai dengan klik mainenu File | Save As.

Verifikasi program hello world
Verifikasi merupakan prosedur memeriksa apakah kode program yang dituliskan sudah benar atau masih ada yang salah. Klik ikon tanda centang kemudian software melakukan Compiling sketch yang progres -nya bisa dilihat pada bagian bawah.

Jika sukses tanpa kesalahan akan ditampilkan pesan Done compiling, namun sebaliknya apabila terjadi kesalahan pesan yang ditampilkan Error compiling.

Upload program ke board Arduino Uno
Setelah prosedur verifikasi sukses, langkah selanjutnya meng-upload program hello world ke board Arduino. Caranya? Kamu tinggal klik ikon bergambar panah kearah kanan.
Sebelum program di-upload, prosedur ini juga melakukan verifikasi terlebih dahulu.

Proses upload ke board Arduino Uno selesai

 

Sekarang waktunya memeriksa apakah board Arduino Uno yang telah diprogram sudah bekerja sesuai dengan program yang telah kamu upload?

Masuk ke mainmeu Tools | Serial Monitor, akan muncul kotak Serial Monitor yang menampilkan tulisan dibawah terus-menerus

HELLO WORLD by Arduino Uno
www.pulangsore.com

Kalimat “Hello World” paling sering digunakan ketika memulai belajar programming.

Kamu ingin mencoba memrogram menggunakan kalimat lain? Langsung klik tombol Upload setelah memodifikasi program tanpa melepas / memasang board. Program baru akan menimpa program sebelumnya sehingga tidak perlu menghapu kode yang berada di mikrokontroler ATmega.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*