LM35 Sensor Temperatur Presisi

LM35 sensor temperatur atau suhu

LM35 sebagai sensor temperatur presisi sangat populer dari dulu hingga sekarang digunakan sebagai modul sensor Arduino. LM35 mendeteksi temperatur yang diserapnya menjadi perubahan tegangan linear dengan satuan Celsius.
LM35 sebagai sensor temperatur atau suhu dengan harga murah memiliki skala perubahan tegangan linear +10mV/C dan akurasi non-linear ±¼°C dianggap cukup memadai untuk diterapkan berbagai aplikasi komersial consumer. LM35 bekerja pada tegangan catu tunggal 4 Volt sampai 30 Volt dengan kemampuan temperatur yang dapat diukur mulai dari -55°C sampai 150°C.
Kemasan TO-92 merupakan casing LM35 yang paling disukai penggiat elektronika. Walaupun memiliki impedansi output rendah sekitar 0.1 Ohm dengan suplai arus hingga 1mA. Namun bagaimanapun tetap disarankan rangkaian pemungutnya memililki impedansi input yang tinggi seperti menggunakan penguat op-amp.

Ingin lebih detail tentang sensor temparatur ini silahkan download datasheet LM35 disini.

Dibawah merupakan rangkaian pendeteksian temperatur udara sederhana menggunakan sensor LM35.

rangkaian sensor temperatur sederhana dengan LM35

Op-amp 741 digunakan sebagai komparator non-inverting. Jika LM35 mendeteksi temperatur tinggi, maka output op-amp menjadi tinggi sehingga LED merah menyala. Kebalikannya bila temperatur rendah sesuai dengan yang ditentukan membuat LED hijau menyala.

Untuk menset batas temperatur tinggi dan rendah, atur tegangan input inverting 741 dengan menyetel trimpot 2 KOhm menggunakan AVO meter. Pada tegangan 322mV akan memberikan batas tinggi dan rendah di temparatur 32.2C.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*