Koneksi Standard Pin Konektor RJ-45

Menghubungkan komputer dengan jaringan menggunakan kabel LAN ini tembaga jenis multicore CAT-5, CAT-5e atau CAT-6 selalu memiliki 8 inti yang saling berpasangan. Dimana setiap pasang inti kabel saling terpilin untuk mereduksi gangguan elektris selama perjalanan penghantaran sinyal data.

Cara menghubungkan kabel LAN ada dua macam yaitu straight cable dan cross-over cable. Saat ini penggunaan cross-over cable sudah dilupakan orang, mengingat NIC sudah dapat mengenali secara otomatis jenis koneksi yang diinginkan.

Koneksi standard pin konektor RJ-45 memiliki 2 standard cara pemasangan ujung kabel tersebut yang dapat dipakai yakni T-568A dan T-568B. Kita bisa menggunakan salahsatunya dengan catatan jika ujung pertama menggunakan T-568B maka ujung berikutnya juga menggunakan T-568B. Dengan demikian pasangan inti kabel saling bertemu.

Baik T-568A maupun T-568B secara praktik tidak memngaruhi spesifikasi jarak maupun kualitas transmisi data. Standard T-568A umumnya digunakan engineer Eropa dan T-568B lebih disukai oleh engineer Asia dan Amerika.

Berikut adalah susunan pin dan warna kabel LAN yang perlu diikuti sebelum kamu meng-crimping konektor RJ-45.

Power over Ethernet (PoE) – Salahsatu fitur tambahan pada switch (tertentu) adalah dapat mengalirkan arus listrik searah (DC) sebesar 48V DC atau kisaran 44 sampai 57 Volt. Tujuan penggunaan PoE adalah memberikan catu daya terhadap perangkat yang terhubung dengan ethernet sehingga perangkat tersebut tidak lagi menggunakan adaptor DC untuk mendapatkan catu daya. Sedangkan tegangan 48 Volt cukup populer digunakan pada aplikasi industri, diantaranya telepon kabel di rumah(fixed line telephone). Perangkat yang hanya membutuhkan tegangan lebih rendah dapat menambah penrun tegangan misalnya ke 12 Volt seperti yang kebanyakan di kamera CCTV berbasis ethernet.

Dengan PoE, berarti ada arus yang dialirkan pada kabel LAN ethernet yang berisi 8 inti. Kabel warna biru dan putih/biru (pin 4 dan 5 pada konektor RJ-45) menghantar tegangan positif (+) dan warna puti/coklat dan coklat (pin 7 dan 8) merupakan tegangan negatif (-). Karena kabel LAN menggunakan penghantar tembaga jadi tidak diperlukan kabel khusus untuk PoE. Besar daya yang dialirkan terbatas untuk menggerakkan perangkat hemat daya. Dibawah adalah spesifikasi standar daya PoE.

Sumber gambar :
//www.thetechmentor.com/posts/easy-rj45-wiring-with-rj45-pinout-pic/

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*